SOSIAL
MEDIA
I. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
1995
Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
1997
Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
1999
Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
1995
Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
1997
Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
1999
Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
2002
Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
2003
Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang. 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
2004
Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
2006
Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
2007
Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
2011
Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa sebelum eranya Facebook atau MySpace, bahkan Friendster, ada sebuah jejaring sosial bernama Friends Reunited.Dari infografik dan MarketingDirecto.com, berikut tercantum cukup lengkap perkembangan media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012.
Terdapat beberapa hal menarik sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial pertama pada tahun 1998 Hingga tahun 2003.Ketika Facebook lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008.
Pada saat Facebook muncul pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna.
Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan akhirnya menghilang sampai sekarang.
Pada tahun 1995, internet baru memiliki satu juta situs.
Sementara, tiga tahun berikutnya, industridotcom sudah sulit diprediksi.
Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia.
Dari infografik ini juga menunjukkan bagaimana bisnis di media sosial cukup kejam, bagaimana MySpace yang menggeser Friendster, tapi lalu akhirnya harus menyerah oleh Facebook.
Google+ mungkin belum tampak cukup besar untuk menggeser Facebook, tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkan, Facebook butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5 tahun.
Kemungkinan apapun bisa terjadi. Google+ yang baru lahir tahun 2011, apakah butuh selama itu untuk menggeser Facebook? tadi adalah sedikit gambaran tentang evolusi media social.
II. KLASIFIKASI & CONTOH MEDIA
SOCIAL
Kaplan dan Haenlein menciptakan
skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons
Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam
jenis media sosial.
1. Proyek Kolaborasi (Collaborative projects)
Suatu media sosial yang dapat
membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara
global. Ada dua sub kategori yang termasuk ke dalam collaborative
project dalam media sosial, yakni :
a. Wiki
Wiki adalah situs yang
memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten
berbasis teks.
Contoh : Wikipedia,
Wiki Ubuntu-ID, wakakapedia, dll
b. Aplikasi Bookmark Sosial
Aplikasi bookmark sosial, yang
dimana memungkinkan adanya pengumpulan berbasis kelompok dan rating dari link
internet atau konten media.
Contoh :
· Social Bookmark : Del.icio.us, StumbleUpon, Digg, Reddit, Technorati, Lintas Berita, Infogue
· Writing : cerpenista, kemudian.com
· Reviews : Amazon, GoodReads, Yelp.
2. Blog dan mikroblog (Blogs
and microblogs)
Blog dan mikroblog merupakan
aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai
pernyataan apapun sampai seseorang mengerti. Blog sendiri ialah
sebuah website yang menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik
itu sebuah opini, pengalaman, atau kegiatan sehari-hari.
Contoh :
· Blog : Blogspot
(Blogger), WordPress,
Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
· Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
· Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
· Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
3. Konten (Content)
Content communities atau konten masyarakat
merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan
seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat, berbagi seperti video,
ebook, gambar, dan lain – lain.
Contoh :
· Image and Photo Sharing : Flickr, Photobucket,
DeviantArt, dll
· Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
· File Sharing and Hosting : 4shared,
rapidshare, indowebster.com
· Design : Threadless, GantiBaju,
KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia).
4. Situs jejaring sosial (Social
networking sites)
Situs jejaring sosial merupakan situs
yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan
kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situs jejaring sosial
adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung menggunakan profil
pribadi atau akun pribadinya.
Contoh : Friendster,
Facebook, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll
5.
Virtual game worlds
Dunia virtual, dimana
mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar –
avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia
nyata. contohnya game online.
Contoh : Travian, Three
Kingdoms, Second Life, e-Republik, World of Warcraft, dll
6.
Virtual social worlds
Virtual social worlds merupakan aplikasi yang
mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi
dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata.
Contoh :
· Map : wikimapia, GoogleEarth
· e-Commerce : ebay, alibaba, juale.com, dll
Etika tidak hanya diperlukan
dalam kehidupan nyata, tapi juga pada dunia maya. Apalagi aktivitas dunia maya
tidak kalah dibanding pada dunia nyata. Berikut ini beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam bersosialisasi pada media sosial.
1. Jangan memberikan informasi yang
tidak penting
Tersedianya kolom untuk
men-share apa yang ingin ditulis bukan berarti semua harus diumbar dalam media
sosial apalagi sesuatu yang sensitif dan sangat pribadi. Misalnya mengenai
keuangan, hubungan percintaan, tentang kehidupan keluarga, atau tentang
kejengkelan dengan seseorang.
2. Hati-hati bila check in
place dan mengupdate sedang dimana kita berada
Aplikasi untuk check
in place seperti Foursquare memang banyak digunakan
dan kemudian di share di sosial media. Pemilik akun sosial media suka check
in place untuk memberitahu keberadaannya dan sedang melakukan
apa. Tanpa disadari,check in place bisa mengundang orang yang berniat jahat kepada kita.
3. Hindari SARA dan Pornografi
Hindari berbicara ataupun
menuliskan kalimat bercandaan yang memiliki unsur SARA ( Suku, Agama dan Ras )
serta pornografi. Karena selain bisa menyinggung pihak lain juga bisa
menimbulkan salah persepsi dan membawa dampak yang buruk.
4. Hargai
privasi orang lain
Hargai privasi atau
rahasia-rahasia orang lain dengan tidak mengumbarnya di media
sosial, sekalipun dengan tujuan bergurau atau bercanda.
5. Gunakan bahasa yang sopan
Pergunakan bahasa yang tepat
dengan siapa kita berinteraksi.Perlu kiranya kita memahami dengan siapa kita
berinteraksi. Ingat, tidak semua orang senang bahasa gaul ataupun bahasa yang
terlalu sopan.
https://www.travianstars.com/s1/register
BalasHapus